Senin, 19 Februari 2018

PENGERTIAN JERAWAT LENGKAP

Pengertian Jerawat
Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak dikulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.
img: ehealthmd.com
Faktor Penyebab Jerawat

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:
  • Faktor Stress
Stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.
  • Faktor Hormonal.
Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar Minyak yang Terlalu Aktif
Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.
  • Faktor Keturunan atau Genetik
Genetik adalah faktor penyebab jerawat yang merupakan turunan dari orangtua. Ketika orangtuanya berjerawat, maka aktivitas kelenjar minyak si anak menjadi lebih produktif, sehingga jerawat akan sangat mudah timbul, kasus seperti ini sangat jarang terjadi tetapi kalo ada kasus seperti ini paling sulit untuk diobati.
  • Faktor Gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu faktor timbulnya jerawat. Orang yang suka minum alkohol, perokok, kurang istirahat dan stres, bisa meningkatkan hormon androgen. Androgen dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak, jadi ketika gaya hidup tidak sehat maka aktivitasnya bertambah. Maka minyak bisa tersumbat, apalagi jika di permukaan kulit tertutup oleh make-up maka akan meradang dan timbul jerawat.
  • Faktor Makanan dan Obat-obatan
Tidak bisa di pungkiri bahwa penyebab semua penyakit berasal dari apa yang kita konsumsi, terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan makanan dengan kadar gula tinggi seperti es krim juga merupakan penyebab munculnya jerawat. Demikian juga mengkonsumsi obat-obatan seperti kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.
  • Faktor lingkungan
Polusi, penggunaan kosmetik yang tidak tepat ditambah gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, tidur yang tidak teratur dapat memicu timbulnya jerawat.
  • Faktor Bakteri
Biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan bakteri akan bertambah banyak dengan cara berkembang biak di kulit, yang disebut dengan p.acne, bakteri ini berkembang biak didalam kelenjar yang bernama sebaceous yang tersumbat sehingga menimbulkan iritasi didalam kulit. Pembengkakan akan terus terjadi didalam kelenjar dan kemungkinan besar akan pecah, inilah penyebab radang kulit yang menyebar di sekitanya, dan hasilnya timbulnya bekas luka karena jerawat yang membandel seperti jerawat batu yang lebih sukar diobati daripada jerawat biasa yang biasanya mudah diterapi secara medis maupun bahan-bahan alamiah.

Pengobatan jerawat sangat perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Pengobatan Jerawat

Kondisi kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Pengobatan jerawat oleh doktek spesialis kulit juga membutuhkan jangka waktu yang relatif lama dan memerlukan kesabaran. Dokter akan memilih dan melakukan prosedur dan kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu untuk menentukan jenis kulit, jerawat dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis obat dan konsentrasi atau kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda. Oleh karena itu, sebaiknya tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Penting untuk Anda perhatikan, selain dari obat-obatan luar atau obat-obatan yang dikonsumsi, Anda juga harus memperhatikan diet dan  kebersihan wajah

Penanganan untuk Jerawat Meradang

Acne vulgaris merupakan suatu jenis jerawat yang ditandai dengan peradangan kronis dari kelenjar minyak. Acne  vulgaris juga muncul akibat kerja dari bakteri P. acnes yang meningkat, penyumbatan dari saluran akar rambut, produksi minyak yang berlebihan serta reaksi sistem kekebalan tubuh kita (imunitas).
img: theacneproject.com

Untuk mengobati jerawat terdapat beberapa jenis obat yang sering digunakan seperti antibitoik, asam retinoid, benzoyl peroxide, serta asam salysilat.  Namun terkadang setelah pengobatan yang lama dan berganti-ganti obat, hasil yang ditunjukkan tidak maksimal terutama untuk beberapa kasus jerawat yang sangat berat dan terkadang pun tidak sembuh.

Bicara mengenai jerawat yang sulit disembuhkan, hal ini juga berkaitan dengan perawatan yang ada, seperti penggunaan sabun yang tepat, karena tidak semua sabun untuk kebersihan wajah ideal untuk perawatan kulit wajah. Faktanya, sabun konservatif yang beredar di pasaran kebanyakan adalah sabun yang tidak memiliki proteksi terhadap kelembapan kulit, sehingga riskan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Untuk itu pilihlah sabun yang mengandung lipid sebagai moisturizer, karena akan sangat berguna untuk kesehatan kulit.

Pengobatan Alami Untuk Jerawat

Sebelum Anda memutuskan untuk mengatasi jerawat meradang dengan obat-obatan atau cream, Anda bisa mencoba cara alami untuk mengatasi jerawat meradang dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.
  • Lemon dan bawang putih efektif mengatasi jerawat meradang dengan cepat
Siapkan jeruk dua sendok teh perasan air lemon (bukan jeruk nipis ya, lemon dang jeruk nipis berbeda kandungan dan juga manfaatnya). Caranya, aplikasikan (oleskan) perasan jeruk lemon pada wajah Anda, biarkan sampai meresap kemudian potong bawang putih dan gosokkan perlahan pada wajah. Hindari area mata, tunggu sampai sekitar sepuluh sampai limabelas menit lalu bilas dengan air bersih. Mengatasi jerawat meradang dengan bawang putih tidak di rekomendasikan bagi Anda yang berkulit sensitif, jika kulit Anda termasuk sensitif pakai saja perasan lemon.
  • Daun Sirih dan Garam Mengempeskan jerawat meradang secara cepat
Sudah kita ketahui bahwa daun sirih mengandung antibiotik Alami yang sangat baik untuk mengobati peradangan pada kulit termasuk jerawat. Cara aplikasinya cukup mudah, siapkan lima lembar daun sirih, rebus dengan air yang sudah di campur garam biarkan sampai terasa hangat hangat kuku, gunakan untuk cuci muka. Pada saat masih panas uap air rebusan sirih dengan garam bisa juga digunakan untuk menguapi muka Anda sehingga pori-pori kulit menjadi terbuka dan kotoran dalam kulit menjadi bersih.
  • Masker Teh Atasi Jerawat Meradang dengan Cepat
Masker teh merupakan salah satu cara alami yang efektif untuk mengatasi jerawat batu yang meradang dan bandel. Coba deh jangan langsung buang ampas teh yang Anda seduh di pagi hari. Coba seduh lagi dengan mangkok kosong dan bawa ke kamar mandi.

Cara membuat masker teh untuk wajah
1. Ampas sisa teh secukupnya
2. 50 ml air hangat

Cara penggunaannya :
  1. Pulaskan seluruh sari teh tersebut ke wajah Anda dan ke bagian kulit yang jerawatnya meradang. Tepuk-tepuk lembut, jangan dimassage di bagian kulit yang meradang.
  2. Diamkan sampai 10-15 menit sampai teh meresap
  3. Bilas dengan air dingin
  4. Rasakan kulit Anda yang lembab, nyaman, dan kenyal. Dalam beberapa hari, jerawat akan mereda dan kondisinya membaik. Hindari memencet jerawat ketika masih merah meradang karena dapat menyebabkan infeksi.
  5. Jika jerawat Anda masih terasa nyeri, Anda bisa mengompres kembali dengan air teh yang masih ada.
  • Mentimun
Oleskan parutan mentimun pada area jerawat diatas wajah Anda. Efek mentimun akan memberikan rasa pendingin alami dan mengurangi rasa panas di wajah dan bisa menghilangkan jerawat secara cepat. Lalu lanjutkan dengan mengolesi adonan tomat segar di daerah jerawat yang sama dan lakukan pengobatan ini dengan rutin 3x sehari.
  • Lidah buaya
Lidah buaya telah dikenal sebagai bahan yang baik untuk menyerap minyak pada kulit. Lidah buaya mengandung anti-peradangan dan bahan-bahan yang meningkatkan pemulihan dengan cepat pada sel-sel kulit yang meradang. Kenakan ekstrak atau gel lidah buaya pada wajah Anda tiga kali sehari. Atau bisa membeli produk lidah buaya yang dijual di apotek.
  • Asupan serat cara efektif mengatasi jerawat
Jika Anda ingin jerawat cepat sembuh dan kering tidak bisa di pungkiri Anda harus perbanyak makan sayuran dan serat, Sayuran yang mengandung kadar air tinggi, seperti timun, dapat membantu mengobati jerawat. Secara logis, air adalah merupakan kunci utama untuk mengeluarkan racun yang menyumbat.

Selain itu, timun juga memiliki nilai tambah sebagai pendingin yang efektif mengatasi peradangan jerawat, sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai masker.

Sayuran yang berwarna orange seperti wortel dan ubi pun sangat baik untuk mengobati jerawat, karena banyak mengandung vitamin A serta baik sebagai detoksifikasi keseluruhan kulit pada tubuh. Mulai sekarang yuk belajar hidup sehat. Perbanyak minum sayur dan air putih minimal dua liter sehari.
  • Olahraga dan tidur yang cukup
Terakhir dan tidak kalah penting adalah dengan mengendalikan stres. Stres yang Anda alami setiap juga bisa memicu ketidakseimbangan hormon dan berakhir pada jerawat. Olahraga dan istirahat yang cukup akan membantu tubuh kembali menstabilkan hormon.


Sumber:http://www.rs-sejahterabhakti.com/2014/12/definisi-jerawat-faktor-penyebab-dan.html

Tonton Dibawah Ini:


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Perfect World Online Pointer

Recent Posts

Perfect World Online Pointer

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Cari Blog Ini