Selasa, 18 Juli 2017

Macam-macam gerak pada Tumbuhan

Macam – Macam Gerak Tumbuhan Dan Penjelasannya 

Gerak adalah perpindahan posisi seluruh atau sebagian tubuh makhluk hidup karena adanya rangsangan. Gerak termasuk ke dalam salah satu ciri makhluk hidup. Pada manusia dan hewan, gerak dapat terlihat dengan nyata atau disebut gerak aktif. Misalnya, ikan yang berenang atau manusia yang berjalan. Namun berbeda dengan tumbuhan, gerak yang terjadi tidak nampak dengan jelas. Gerak pada tumbuhan hanya terjadi pada bagian tertentu, misalnya gerak batang yang mengikuti datangnya cahaya. 

Gerak pada tumbuhan terjadi karena pengaruh  rangsangan. Rangsangan dapat berupa cahaya, sentuhan, kimia, gravitasi dan suhu. Arah geraknya dapat mendekati atau menjauhi datangnya rangsangan. 

macam - macam gerak pada tumbuhan
batang tumbuhan bergerak mendekati datangnya cahaya

Gerak pada tumbuhan dapat dikelompokan menjadi gerak tropisme,nasty,dan taksis. Berikut akan dijelaskan lebih lengkap mengenai gerak – gerak tersebut.

1. Tropisme

Gerak tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Tropisme positif adalah gerak tumbuhan yang arahnya mendekati rangsangan. Sedangkan tropisme negatif adalah gerak tumbuhan yang arahnya menjauhi rangsangan.

Berdasarkan jenis rangsangannya, tropisme dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu fototropisme,geotropisme, kemotropisme, tigmotropisme, termotropisme, dan hidrotropisme
  • Fototropisme, yaitu gerak tropisme yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Bagian tumbuhan yang berada di atas tanah bersifat fototropisme positif sedangkan akar tumbuhan bersifat fototropisme negatif. 
  • Geotropisme, yaitu gerak tropisme yang dipengaruhi oleh  rangsangan berupa gravitasi bumi. 
  • Kemotropisme, yaitu gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa rangsangan kimia. Misalnya, gerak akar yang akan menjauhi racun.
  • Tigmotropisme, yaitu gerak tropisme yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa sentuhan satu sisi atau persinggungan. Gerak ini akan terlihat pada tanaman yang membelit ujung batang. Misalnya, pada tanaman ercis, anggur, mentimun dll.
  • Hidrotropisme, yaitu gerak tumbuhan karena pengaruh rangsangan berupa air. Misalnya gerak akar yang menuju pada datangnya air.
macam - macam gerak pada tumbuhan
ujung tanaman anggur yang membelit karena persinggungan

2. Nasti

Gerak nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi arah datangnya rangsangan melainkan dipengaruhi oleh tumbuhan itu sendiri. Gerak ini disebabkan oleh perubahan turgor pada jaringan di tulang daun. 

Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak nasti dibedakan menjadi tigmonasti, fotonasti, termonasti, dan nasty kompleks.
  • Tigmonasti, merupakan gerak nasti yang  terjadi akibat pengaruh rangsangan berupa sentuhan. Misalnya, pada tanaman putrid malu yang daunnya menutup ketika terkena sentuhan.
  • Niktinasti, yaitu gerak nasti yang terjadi karena pengaruh gelap. Misalnya, pada tumbuhan polong – polongan yang akan “tertidur” ketika malam hari. 
  • Fotonasti, yaitu gerak nasti yang terjadi akibat rangsangan cahaya. Misalnya, mekarnya pukul empat.
  • Termonasti, yaitu gerak nasti yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa suhu.  Misalnya, bunga tulip yang mekar karena kenaikan suhu.
  • Nasti kompleks, yaitu gerak nasti yang terjadi akibat beberapa faktor sekaligus. Misalnya, gerak membuka dan menutuonya stomata pada daun.

macam - macam gerak pada tumbuhan
daun putri malu menutup karena sentuhan

3. Taksis

adalah gerak seluruh tubuh atau bagian dari tubuh tumbuhan yang berpindah tempat dan arah perpindahannya dipengaruhi oleh rangsangan.Gerak taksis dibedakan menjadi fototaksis (dipengaruhi oleh rangsangan cahaya), kemotaksis (dipengaruhi oleh rangsangan berupa zat kimia), galvanotaksis (karena pengaruh arus listrik).

Tonton juga berikut ini:



Demikian penjelasan mengenai gerak yang pada tumbuhan. Semoga bermanfaat


Sumber :http://www.pengetahuanalam.com/2015/11/macam-macam-gerak-tumbuhan-dan-penjelasannya.html

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Perfect World Online Pointer

Recent Posts

Perfect World Online Pointer

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Cari Blog Ini